Inilah 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan

Ketika menerima tawaran pekerjaan dari suatu perusahaan, pastikan pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal krusial berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari.

Pertimbangan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan – Di masa pandemi seperti saat ini, angka pengangguran meningkat tajam dikarenakan dampak dari pemutusan hubungan kerja ataupun perusahaan yang bangkrut. Sehingga ketika menerima tawaran pekerjaan dari suatu perusahaan, mungkin tak jarang para jobseekers segera mengiyakan tawaran tersebut tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Padahal, terdapat beberapa hal krusial yang patut dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menerima suatu pekerjaan. Pasalnya pekerjaan tersebut akan ditekuni dalam waktu lama, sehingga jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena kesalahan dalam mengambil pekerjaan. Untuk itu simak 6 hal yang harus dipertimbangkan sebelum menerima pekerjaan berikut ini!

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan

  1. Gaji

Tak dapat dipungkiri seseorang melakukan pekerjaan demi mendapat upah atau gaji. Sehingga gaji menjadi salah satu hal besar yang patut dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan.

Pastikan upah yang akan diterima telah sesuai dengan kebutuhan hidup Anda. Namun untuk menanyakan perihal gaji kepada HR, Anda perlu berhati-hati dan pastikan telah menyusun kata-kata yang baik dan sopan. Tanyakan pula apakah ada tunjangan selain gaji yang akan diterima nantinya, contohnya uang transportasi, uang makan, uang lembur, ataupun tunjangan lainnya.

  1. Jenjang Karir

Menanyakan jenjang karir di perusahaan yang menawarkan pekerjaan kepada Anda tentu menjadi hal yang tak kalah penting. Pasalnya, mengetahui jenjang karir membuat Anda mengetahui bagaimana bentuk penghargaan perusahaan terhadap kinerja karyawan.

Apakah karyawan yang memiliki kinerja baik dapat naik ke posisi lebih tinggi dan dapat berkembang, atau justru hanya seolah ‘berjalan di tempat’ saja.

  1. Jam Kerja

Jam kerja juga menjadi hal penting yang wajib ditanyakan dan dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menerima pekerjaan tersebut. Ajukan pertanyaan seputar jam kerja, apakah pekerjaan tersebut mengharuskan Anda untuk bekerja secara full time ataukah part time? Tanyakan pula apabila suatu saat Anda mendadak izin di tengah jam kerja, apakah harus mengganti jam kerja di lain hari ataukah harus potong gaji. Hal ini sangat penting untuk ditanyakan agar nantinya Anda tidak terjebak dengan sistem kerja yang ditetapkan perusahaan.

  1. Hari Libur dan Cuti

Hal yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah jatah libur dan cuti yang diterima karyawan. Tanyakan dengan jelas bagaimana penjadwalan hari libur dan cuti untuk karyawan, apakah libur di tanggal merah, apakah mendapatkan cuti untuk urusan pribadi, cuti menikah, cuti tahunan, dan lain-lain.

  1. Jarak Lokasi

Bagaimana dengan jarak lokasi tempat kerja dengan tempat tinggal Anda, apakah sangat jauh atau justru sangat dekat? Karena semakin jauh lokasi tempat kerja Anda, tentu biaya transportasi yang harus dikeluarkan setiap harinya juga semakin besar. Hal tersebut tentu tidak baik untuk kondisi finansial Anda.

Selain harus mengeluarkan banyak ongkos, perjalanan jauh juga memakan banyak waktu dan tenaga. Sehingga hal ini patut Anda pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk bekerja di tempat tersebut.

  1. Lingkungan Tempat Kerja

Ketika Anda berkunjung ke lokasi kerja untuk melakukan interview ataupun tes, manfaatkan untuk melihat lingkungan sekitar.

Apakah kondisi gedung terlihat baik? Apakah memiliki fasilitas yang lengkap? Lalu bagaimana dengan karyawannya, apakah terlihat nyaman bekerja disana atau justru tertekan? Hal-hal kecil tersebut perlu Anda pertanyakan, sehingga nantinya Anda tidak akan terjebak dengan suasana kerja yang tidak nyaman.

 

Lebih Baik Diambil atau Tidak?

Apabila beberapa pertimbangan di atas ada yang tak sesuai dengan harapan Anda, tak ada salahnya untuk menolak tawaran pekerjaan tersebut. Namun sampaikan dengan baik penolakan Anda, berikan alasan yang jelas dan masuk akal kepada perusahaan tersebut.

Itulah beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum menerima tawaran pekerjaan. Semoga bermanfaat!

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai lowongan kerja Bandung terbaru.

X
X
X