Membuat Kesalahan di Tempat Kerja? Jangan Panik, Lakukan 4 Hal Ini!

Setiap orang yang bekerja pasti pernah melakukan kesalahan di tempat kerjanya. Panik nggak? Pasti panik. Yuk cek tips berikut ini buat kita yang pernah melakukan kesalahan biar nggak selalu disalahkan sama atasan dan rekan kerja kita.

Businessman,Having,Panic,Attack,Because,Of,Many,Tasks,Given,To

Hal yang Harus Dilakukan Saat Membuat Kesalahan di Tempat Kerja – Ada peribahasa yang mengatakan tidak ada gading yang tak retak. Artinya, setiap orang pasti dapat melakukan kesalahan, baik itu di lingkungan pertemanan atau pekerjaan. Jadi, membuat kesalahan di tempat kerja adalah hal yang wajar. Yang menjadi masalah adalah bagaimana respons seseorang setelah melakukan kesalahan. Berikut ini adalah hal yang harus dilakukan ketika melakukan kesalahan di tempat kerja.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Membuat Kesalahan di Tempat Kerja

  1. Mengakui kesalahan tersebut

Jika sudah terdapat bukti yang jelas bahwa Anda telah melakukan kesalahan, jangan pernah bantah dan akui kesalahan tersebut dengan jujur. Membantah hanya akan membuat perdebatan yang lebih parah dan bisa merusak reputasi Anda. Bahkan, mengakui kesalahan bukan pertanda bahwa Anda lemah, melainkan bijak dan dewasa dalam hidup.

Namun, orang-orang di lingkungan kerja pasti memiliki berbagai macam karakter. Ada yang bertipe easy going atau mudah memaafkan, sangat berfokus pada pekerjaan, suka merasa sungkan dengan orang lain, dan terkadang ada pula yang toxic dan suka menghakimi atau menyalahkan orang lain. Jika dalam kondisi ini Anda disalahkan, terima saja dengan sabar. Yang terpenting adalah Anda sudah mengakui dan berniat untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

  1. Berkomunikasi dengan atasan lebih intensif

Bisa jadi kesalahan yang Anda lakukan membuat atasan merasa kesal dan marah. Situasi ini memang sangat tidak menyenangkan. Namun, bukan berarti Anda malah lari dari masalah. Justru, komunikasi dengan atasan adalah kunci utama yang harus dilakukan. Mintalah waktu kepada atasan untuk menjelaskan kronologi kesalahan secara detail dan lengkap.

Setelah menceritakan kesalahan tersebut, tawarkan solusi terbaik yang Anda pikir dapat membantu memperbaiki keadaan. Jika atasan memberikan kesempatan untuk menjalankan solusi tersebut, beri tahu terus perkembangan perbaikan yang telah Anda lakukan. Hal ini menunjukkan sikap profesional Anda dan jika solusi tersebut sudah terbukti berhasil, justru Anda akan mendapatkan label positif dari atasan.

  1. Hindari menjaga jarak dengan korban

Kesalahan yang Anda lakukan bisa jadi akan menimbulkan korban. Kebanyakan orang ketika melakukan kesalahan yang menimbulkan korban, mereka justru menjauhi korban tersebut karena merasa tidak enak, malu, dan sebagainya. Justru hal ini harus dihindari karena malah akan menimbulkan kesan yang buruk pada Anda.

Jauh lebih baik jika Anda mendatangi korban dan menanyakan apa yang harus Anda lakukan agar situasi yang sudah terjadi bisa diperbaiki seperti sebelumnya. Jangan saling diam karena hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman yang berlangsung lama. Cara ini juga akan membuat hubungan Anda dengan karyawan lain semakin erat.

  1. Konsultasi dengan senior

Di tempat kerja pasti terdapat karyawan yang sudah bekerja lebih lama daripada Anda atau istilahnya adalah senior. Mereka pasti memiliki pengalaman yang lebih banyak terkait peristiwa apa yang pernah terjadi di tempat kerja tersebut. Oleh karena itu, cobalah untuk berkonsultasi terhadap masalah yang sudah Anda lakukan dan tanyakan apakah ada kasus serupa sebelumnya.

Cara ini bisa Anda lakukan jika masih merasa segan untuk berbicara langsung dengan atasan. Biasanya senior akan memberikan saran dan masukan tentang apa yang harus Anda lakukan. Bisa jadi mereka pernah melakukan kesalahan yang sama atau ada karyawan lain yang melakukan kesalahan serupa. Akan tetapi, Anda juga tidak boleh asal bicara dengan senior karena tidak semuanya mau diajak diskusi dan justru akan memperkeruh keadaan.

Pada intinya, membuat kesalahan di tempat kerja adalah hal yang wajar mengingat semua manusia pasti tak luput dari salah. Yang paling penting adalah bagaimana usaha untuk memperbaiki kesalahan tersebut sehingga keadaan menjadi kondusif kembali.

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai loker Bandung terbaru.

X
X
X