Ingin Bekerja Secara Multitasking Selama WFH? Ini 5 Tipsnya!

Bagi sebagian orang, konsep WFH masih membutuhkan adaptasi karena kondisi lingkungan kerja yang berbeda. Bahkan tak sedikit yang mengeluhkan beban kerja yang menumpuk, serta sulitnya untuk fokus menyelesaikan pekerjaan. Solusinya, adalah anda harus dapat bekerja secara multitasking.

Tips Bekerja Multitasking Selama WFH

Bekerja Secara Multitasking Selama WFH – Di era pandemi sejumlah perusahaan memutuskan untuk menerapkan konsep WFH atau work from home, dimana karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya di rumah atau secara jarak jauh. Bagi sebagian orang, konsep kerja ini membutuhkan adaptasi karena kondisi lingkungan kerja yang berbeda tak seperti biasanya.

Bahkan tak sedikit yang mengeluhkan adanya beban kerja yang menumpuk, dibarengi dengan sulitnya untuk fokus menyelesaikan pekerjaan. Salah satu solusi agar pekerjaan Anda ketika WFH dapat terselesaikan dengan baik adalah dengan cara multitasking.

Apa Itu Multitasking?

Multitasking atau multitugas merupakan keterampilan dalam melakukan banyak tugas atau aktivitas secara bersamaan. Multitasking umumnya dilakukan agar lebih menghemat waktu, meskipun tak jarang aktivitas ini justru membahayakan kesehatan karena menghabiskan banyak energi.

 

Tips Melakukan Multitasking Dalam Pekerjaan

Meskipun begitu, tak jarang orang yang memilih untuk menjadi pekerja multitugas terlebih ketika bekerja secara WFH. Pasalnya lingkungan kerja di rumah menimbulkan banyak distraksi, sehingga pekerjaan pun tak kunjung selesai. Berikut ini tips ampuh untuk mengasah kemampuan multitasking Anda dalam menyelesaikan pekerjaan!

  1. Kelompokkan Pekerjaan yang Masih Berkaitan

Apabila Anda ingin menyelesaikan pekerjaan secara multitugas, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengelompokkan pekerjaan yang masih berkaitan. Satukan pekerjaan-pekerjaan Anda yang mungkin memiliki hubungan satu sama lain, sehingga nantinya dapat memudahkan pekerjaan Anda.

Karena pada dasarnya, otak manusia akan bekerja dengan cepat untuk mengganti fokus pikiran ketika Anda melakukan banyak pekerjaan. Sehingga ketika Anda melakukan banyak pekerjaan yang tak saling berkaitan satu sama lain, hasil akhirnya pun tidak akan maksimal.

  1. Buat Skala Prioritas

Tips selanjutnya adalah membuat skala prioritas berdasarkan tingkat kesukaran. Anda dapat mengelompokkan tugas mana yang paling sulit dikerjakan hingga yang paling mudah diselesaikan, kerjakan tugas dari yang sulit terlebih dahulu hingga yang termudah. Karena ketika otak masih dalam keadaan segar, ada baiknya untuk menyelesaikan tugas berat terlebih dahulu.

  1. Tetapkan Deadline

Hal yang tak kalah penting dalam bekerja secara multitugas adalah menetapkan deadline atau tenggat waktu. Pasalnya menetapkan tenggat waktu dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih teratur. Anda pun dapat bekerja secara lebih efisien dan tidak membuang banyak waktu.

  1. Hindari Distraksi

Ketika bekerja di kantor, mungkin fokus Anda tidak akan terpecah karena suasana yang juga mendukung untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun lain halnya ketika bekerja di rumah, akan ada banyak distraksi atau gangguan yang dapat memecah fokus dan konsentrasi Anda.

Sehingga ketika ingin mengerjakan tugas secara multitasking, ada baiknya untuk menghindari segala bentuk distraksi yang mungkin dapat mengganggu konsentrasi Anda.

  1. Disiplin dan Fokus

Tips terakhir untuk menjadi pekerja multitasking adalah harus disiplin dan fokus, karena untuk menjadi seseorang yang dapat bekerja secara multitugas tidaklah mudah. Segera kerjakan apa yang dapat Anda kerjakan, tak perlu menunda-nunda waktu. Tetap disiplin dan fokus dalam bekerja, agar daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan dapat rampung dengan cepat dan baik.

 

Meskipun Bekerja Multitasking, Tak Lupa Sempatkan Istirahat!

Walaupun dihadapkan dengan banyak pekerjaan, namun bukan berarti Anda menyamakan kemampuan kerja layaknya robot. Luangkan waktu sejenak untuk beristirahat ketika merasa lelah, tak perlu memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras.

Pasalnya ketika Anda memaksakan diri untuk bekerja dalam keadaan tubuh dan otak lelah, hasil akhir pekerjaan tidak akan maksimal. Tubuh Anda pun akan mengalami tekanan, sehingga bukan tak mungkin justru dapat mendatangkan penyakit.

Bekerja secara multitugas ketika WFH bukan hal yang tak mungkin, karena Anda dapat mencobanya dengan menerapkan tips diatas. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai loker Bandung terbaru.

X
X
X