5 Tips Agar Produktif Bekerja di Rumah

Cara terbaik yang perlu dilakukan agar pekerjaan bisa produktif di rumah

tips bekerja produktif di rumah

Tips Bekerja Produktif di Rumah – Adanya pandemi memaksa beberapa perusahaan melakukan kebijakan work from home atau bekerja di rumah sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Sayangnya, tidak semua karyawan bisa beradaptasi dengan hal tersebut. Adanya beberapa gangguan seperti anak hingga lingkungan rumah membuat sulit untuk bisa produktif bekerja. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka lakukan beberapa tips agar produktif bekerja di rumah berikut ini.

Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah

  1. Bangun ruang kerja yang nyaman

Salah satu alasan kenapa produktivitas bekerja di rumah bisa turun drastis dibandingkan dengan ketika bekerja di kantor adalah karena perbedaan tempat kerja yang sangat mencolok. Di kantor mungkin ruang kerja Anda sudah ditata sedemikian rupa sehingga bisa membuat nyaman ketika bekerja. Berbeda dengan ketika bekerja di rumah, mungkin Anda masih terkesan bekerja di tempat seadanya asalkan ada laptop atau komputer saja.

Cari ruangan yang cukup luas untuk dijadikan kantor sementara Anda. Lengkapi dengan berbagai kebutuhan kerja seperti meja, kursi, laptop, printer, dan sebagainya. Jika perlu, letakkan pewangi ruangan atau aroma terapi untuk membuat pikiran menjadi rileks dan nyaman ketika bekerja di rumah. Dengan begitu, produktivitas Anda bisa naik karena sudah mendapatkan tempat yang nyaman untuk bekerja di rumah.

  1. Membuat daftar pekerjaan

Ketika work from home, biasanya perusahaan akan memberikan instruksi sehari sebelumnya melalui zoom atau Google Meets untuk briefing pekerjaan. Setelah briefing, cobalah untuk mendaftar apa saja pekerjaan yang harus dilakukan. Membuat rencana ini sangat penting agar Anda tidak keteteran jika terjadi gangguan ketika bekerja di rumah.

Kesalahan sebagian besar orang ketika bekerja di rumah adalah tidak membuat daftar pekerjaan ini. Hasilnya, mereka menjadi bekerja asal-asalan dan ketika terganggu dengan berbagai aktivitas di rumah, mereka menjadi keteteran dalam mengerjakan tugas. Padahal, mungkin beberapa pekerjaan sudah hampir mendekati deadline.

  1. Selesaikan tugas berat terlebih dahulu

Setelah membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, Anda bisa memprioritaskan dan mengkategorikan pekerjaan mana yang paling berat. Kerjakan tugas dari yang paling berat karena energi Anda di awal sedang maksimal. Selain itu, memulai pekerjaan yang berat juga akan membuat pekerjaan yang lain menjadi terasa lebih ringan.

  1. Buat papan peringatan

Salah satu gangguan terbesar ketika work from home adalah lingkungan rumah, yakni keluarga baik itu anak, istri, suami, atau orang tua. Memang akan terasa aneh jika mengabaikan kehadiran mereka begitu saja. Oleh sebab itu, Anda harus membuat peringatan atau pemberitahuan di pintu ruang kerja Anda, apalagi ketika Anda sedang fokus bekerja.

Berikan pengertian kepada mereka bahwa Anda sedang bekerja dan tidak bisa diganggu sementara waktu. Biasanya mereka pun akan mengerti dan tidak mencoba untuk mengganggu Anda ketika sedang bekerja. Anda bisa memasang plakat “sedang bekerja” di depan pintu ruangan sebagai tanda.

  1. Hindari gadget

Bekerja di rumah berarti tidak ada atasan yang memantau pekerjaan Anda secara langsung. Namun, bukan berarti ketika bekerja Anda boleh bermain gadget semaunya. Tetap perhatikan batasan dalam menggunakan gadget dan hindari ketika sedang bekerja. Terlalu sering menggunakan gadget bisa memecah fokus dan mengurangi produktivitas kerja.

Dengan menerapkan kelima tips di atas, bekerja di rumah sudah tidak menjadi masalah lagi untuk Anda dan tetap bisa produktif layaknya bekerja di kantor. Sebenarnya semua itu tergantung dengan seberapa cepat Anda beradaptasi dengan perubahan situasi. Semakin cepat beradaptasi, semakin cepat pula Anda kembali ke produktivitas maksimal.

Lihat lowongan kerja Bandung terbaru secara mudah di LokerBandung.ID

X
X
X