Jobseeker Wajib Tahu! 7 Kesalahan Saat Interview Kerja

Buat kalian para jobseeker yang sering gagal dalam interview, kebiasaan inilah yang bisa bikin kalian gagal. Yuk cek apa aja kebiasaan tersebut biar kedepannya nggak mengulang kebiasaan yang sama.

Jobseeker Wajib Tahu! 7 Kesalahan Saat Interview Kerja

Jobseeker Wajib Tahu! 7 Kesalahan Saat Interview Kerja – Salah satu tahapan penting dalam proses perekrutan pekerja baru adalah interview. Wawancara merupakan tahap penentuan penting bagi calon karyawan, apakah ia berhasil diterima atau justru ditolak oleh perusahaan. Karena itu tak heran jika banyak orang merasa gugup dan khawatir ketika akan menghadapi wawancara kerja.

Tak jarang para calon karyawan justru terlalu fokus memikirkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan pewawancara, sehingga tak menyadari jika ia melakukan kesalahan yang dapat berdampak fatal. Untuk itu sebelum menghadapi interview kerja, ada baiknya Anda memahami beberapa kesalahan saat wawancara di bawah ini!

  1. Berkata Buruk Mengenai Perusahaan Sebelumnya

Meskipun Anda memiliki pengalaman buruk ketika bekerja di perusahaan sebelumnya, namun ada baiknya Anda menahan diri untuk tidak menceritakan apa saja keburukan perusahaan Anda sebelumnya. Karena pewawancara justru akan menilai negatif sikap Anda, dan berpikir mungkin saja Anda akan melakukan hal yang sama nantinya kepada perusahaan mereka.

  1. Tidak Mempersiapkan Diri

Di masa pandemi seperti saat ini wawancara kerja kerap dilakukan secara daring. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak mempersiapkan diri untuk menghadapi interview online. Latihan berbicara di depan cermin setiap hari, guna melatih kesiapan diri dan mengurangi rasa gugup ketika hari wawancara tiba.

Selain itu, gali informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan serta profesi yang Anda lamar. Catat dan pelajari informasi tersebut, sehingga nantinya Anda dapat menjawab seluruh pertanyaan terkait perusahaan yang diajukan pewawancara.

  1. Memperlihatkan Bahasa Tubuh Negatif

Saat Anda bertemu dengan interviewer baik secara langsung maupun melalui wawancara online, tunjukkan antusias dan minat Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut. Hindari memperlihatkan bahasa tubuh negatif, seperti tidak melakukan kontak mata hingga jarang tersenyum.

Untuk menciptakan kesan positif di mata pewawancara, Anda dapat tersenyum lebih sering, menatap mata pewawancara ketika interview berlangsung, menghindari berbicara terlalu cepat, hingga duduk tegak dan sopan.

  1. Tidak Fokus

Ketika proses interview berlangsung, sebisa mungkin lakukan kontak mata dengan si pewawancara. Hindari melihat ke arah lain seperti celingukan ke kanan kiri, melihat ke atas ataupun bawah, maupun melihat ke hal lain yang membuat Anda terlihat kurang serius dan tidak fokus.

Bukan tak mungkin interviewer justru akan menilai Anda sebagai pribadi yang memiliki kemampuan sosial buruk.

  1. Memberikan Jawaban Bertele-tele

Saat menjawab pertanyaan pewawancara, tak perlu memberikan jawaban bertele-tele ataupun terlalu panjang. Pasalnya, memberikan informasi yang terlalu banyak dan kurang penting justru akan menambah kesan buruk pada diri Anda. Sebaliknya, berikan jawaban langsung ke intinya tanpa perlu berbelit-belit.

  1. Terlalu Banyak Mengajukan Pertanyaan

Meskipun mengajukan pertanyaan merupakan salah satu hal yang dapat menambah nilai baik di mata pewawancara, namun mengajukan terlalu banyak pertanyaan justru dapat mengurangi penilaian Anda. Karena itu ajukan pertanyaan yang menurut Anda penting dan harus ditanyakan saja. Hindari bertanya terkait dengan hal sensitif bagi perusahaan, seperti rahasia perusahaan.

  1. Menanyakan Gaji

Kesalahan terakhir yang cukup banyak dilakukan para calon karyawan ketika diwawancara adalah menanyakan gaji. Meskipun hal tersebut merupakan hal lumrah untuk ditanyakan, namun hindari bertanya terkait dengan besaran gaji sebelum pewawancara menyinggung hal tersebut.

Persiapkan Diri Sebelum Wawancara Kerja!

Sebelum melakukan wawancara kerja, persiapkan diri sebaik mungkin seperti mengenakan pakaian sopan dan berdandan sewajarnya. Tampilkan aura positif ketika wawancara berlangsung, tebarkan senyum dan percaya diri di depan pewawancara. Duduk tegap dan sopan, agar menambah penilaian baik terhadap Anda. Tak lupa pelajari informasi penting terkait perusahaan yang Anda lamar.

Setelah mengetahui kesalahan saat wawancara kerja diatas, kini Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Semoga bermanfaat!

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai loker Bandung terbaru.

X
X
X