Tips Menjadi Customer Service yang Baik dan disukai Pelanggan

Bagaimana sih cara menjadi Customer Service yang disayangi oleh para pelanggan? Yuk lihat kisi-kisi dari LokerBandung.id berikut ini

Tips Menjadi Customer Service Yang Baik

Tips Menjadi Customer Service yang Baik – Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama Customer Service dalam memberikan pelayanan. Dalam menjalankan tugasnya, Customer Service bertanggungjawab untuk menghubungkan perusahaan dengan pelanggan. Tingkat kepuasan konsumen sangat berpengaruh kepada majunya perusahaan, sehingga diperlukan tips cerdik agar Customer Service bisa melayani dengan baik.

Pelayanan terbaik dan bantuan dari Customer Service untuk pelanggan harus dilakukan dengan setulus hati. Pastinya pelanggan sangat menaruh harapan kepada Customer Service agar dapat melayaninya dengan sebaik mungkin. Untuk menjadi Customer Service yang handal perlu adanya skill yang diasah secara repetitif agar menjadi Customer Service yang Profesional.

Tips Menjadi Customer Service yang Baik

Customer Service sangat dibutuhkan sebagai ujung tombak dan pengembangan bisnis suatu perusahaan. Meningkatkan skill seorang Customer Service dapat bermanfaat untuk membangun serta menjalin hubungan baik dengan para pelanggan, karena pelanggan tentu sangat mengingat pelayanan yang diberikan kepadanya. Lalu, bagaimana sih cara menjadi Customer Service idaman yang disukai banyak pelanggan ?

  1. Cepat tanggap dengan telepon yang masuk

Cepat tanggap dengan telepon yang masuk atau bisa disebut first thing first dalam Customer Service dan bisnis apapun menjadi salah satu kunci dalam melayani pelanggan. Jangan membiarkan telepon terlalu lama berdering, karena akan memberikan nilai minus pada perusahaan. Contohnya adalah kabar penting atau kesempatan yang disampaikan oleh pelanggan, apabila dibiarkan maka akan hangus. Menjawab telepon atau pesan dari pelanggan via WhatsApp atau SMS bisa dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis, ketika anda tidak bisa meresponnya secara cepat atau diluar jam operasional pekerjaan anda, anda bisa menyetelnya dengan settingan balas otomatis ketika anda offline.

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik, sabar dan positif

Customer Service harus bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik dalam melayani pelanggan, baik secara offline ataupun online. Dalam hal bahasa, gunakanlah bahasa yang sopan, ramah dan jelas. Tak jarang pelanggan yang menyampaikan keluhannya dan menggunakan bahasa atau nada bicara yang jutek atau marah, sebagai Customer Service anda harus pintar dan bisa mengolah kosakata dalam menjawab keluhan tersebut agar terdengar positif dan tidak membawa kekecewaan mendalam untuk pelanggan. Sangat penting untuk memperhatikan nada bicara yang disampaikan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, jangan menggunakan nada bicara tingi atau terdengar jutek bahkan marah.

  1. Mampu menguasai produk

Sebagai Customer Service yang baik anda juga harus belajar untuk menguasai produk yang dijual. Pelajari materi produk dengan sebaik mungkin disertai dengan pelatihan dan simulasi langsung sebagai cara untuk meningkatkatkan pengetahuan produk.

  1. Mampu meyakinkan pelanggan

Customer Service  harus dapat meyakinkan dan melakukan pendekatan kepada pelanggan serta dapat menyampaikan materi produk dengan baik agar dapat menguntungan kedua belah pihak. Menguasai produk yang dijual dan didukung dengan kata-kata yang dapat memikat pelanggan sehingga terjadi kerjasama/transaksi.

  1. Mau menerima komplain dan keluhan

Menjadi Customer Service tak lepas dari komplain atau keluahan dari para pelanggan. Sudah menjadi resiko dari pekerjaan tersebut. Dan sebagai Customer Service yang baik harus mau menerima dan dapat menyelesaikan segala komplain dari pelanggan dengan kepala dingin dan tenang, hingga akhirnya dapat menemukan solusinya

  1. Mampu membaca pelanggan

Kemampuan membaca pelanggan sangat penting agar tidak kehilangan mereka, jangan sampai  karena kesalahan dalam berkomunikasi menyebabkan pelanggan ragu untuk menjalin kerjasama maupun transaksi kepada anda. Customer Service harus membaca kebutuhan dari setiap pelanggannya, yang mereka perlukan, serta memahami personalitas, mood, tingkat kesabaran mereka. Jika mendapatkan keluhan via online, baik melalui telpon atau email, Customer Service tidak selalu bisa membaca tingkat emosi dari pelanggan tersebut, maka anda perlu lebih dalam melatih kepekaan tersebut supaya mampu membaca tipe-tipe pelanggan dengan berbagai aduan yang datang.

Nah demikian pembahasan untuk menjadi Customer Service yang baik dan disukai oleh pelanggan, baik dalam pelayanan online maupun offline. Ingin menjadi Customer Service yang disukai pelanggan? Gunakan tips diatas ya.

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai lowongan kerja Bandung terbaru.

X
X
X